Liga 1 2018: Momen Jawara Perserikatan Unjuk Gigi

Tim peserta Liga 1 2018 sudah lengkap. Tiga tim terakhir, yakni Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang, sudah memastikan diri mengisi posisi klub yang terdegradasi di kompetisi musim lalu.

Ada 18 tim seluruhnya yang akan berlaga di kasta tertinggi kompetisi Indonesia. Menariknya, lolosnya Persebaya, PSMS dan PSIS (klub eks perserikatan) ke Liga 1 musim depan juga membuat komposisi antara klub perserikatan dengan non-perserikatan jadi berimbang.

Total ada 9 klub perserikatan yang akan bertarung di Liga 1 2018, yaitu PSM Makassar, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Persib Bandung, Persela Lamomgan, Perseru Serui, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang.

Sedangkan, klub non-perserikatan yang akan tampil di Liga 1 musim depan adalah Bali United, Bhayangkara FC, Madura United, Barito Putera, Borneo FC, Arema FC, Mitra Kukar, Sriwijaya, dan PS TNI.

Karena itu, Liga 1 2018 diharapkan bakal berlangsung lebih semarak, terutama dari sisi kualitas kontestan. Pasalnya, beberapa peserta khususnya tim perserikatan memiliki sejarah juara di berbagai era, seperti Divisi Utama, Galatama hingga ISL.

Banyaknya tim perserikatan bisa saja mengembalikan kekuatan lama ke kasta tertinggi. Persebaya, PSMS dan PSIS pernah mengecap beberapa gelar di kompetisi Indonesia.